Home » » Cara Membuat Kefir

Cara Membuat Kefir

Posted by Cara Membuat Masker Kefir on Senin, 18 April 2016



Cara Membuat Kefir
Cara membuat Kefir untuk berbagai keperluan. Pengertian Kefir adalah  susu sapi atau susu kambing yang telah difermentasikan dengan tambahan berupa susu, air atau santan kelapa (baca juga https://id.wikipedia.org/wiki/Kefir). Sejarah kefir dan pemanfaatannya sudah dimulai ribuan tahun lalu di daerah kaukasus dekat Rusia. Seperti halnya dengan yogurt, minuman ini kaya kandungan ragi dan bakteri yang sehat, bahkan kefir mengandung beberapa jenis  bakteri utama yang baik yang biasanya tidak terkandung di dalam yogurt. Karena ukuran molekul kefir lebih halus dibandingkan yogurt, kefir jadi lebih mudah dicerna oleh usus. Selain itu kefir juga mengandung beberapa asam amino, protein lengkap dan banyak mineral.

Langkah-langkah cara membuat Kefir 

Disadur dari http://id.wikihow.com/Membuat-Kefir


  • Siapkan biji atau bibit kefir. Bibit Kefir dapat dibeli secara online atau di toko makanan sehat. Bibit Kefir yang didapat harus disimpan dalam wadah bersih dari bahan kaca atau beling. Disimpan dengan bersih jangan terkontaminasi terkena bahan kimia. Simpanlah di tempat yang dingin.

  • Sediakan wadahnya, sesuaikan dengan kebutuhan anda. Minimal dengan ukuran 250 ml. Tutup tidak boleh rapat untuk membiarkan kefir bernapas atau mengembang. Jangan gunakan wadah terbuat dari plastic untuk menghindari bahan kimia dari plastic merusak kefir. Untuk kebersihan wadah dapas dimasak terlebih dulu dengan air panas dan dikeringkan.

  • Kefir biasanya dibuat dari susu utuh seperti susu kambing. Susu penuh lemak akan memberikan kefir rasa yang tajam dan tekstur yang mirip dengan yogurt, sehingga cocok diminum begitu saja. Untuk membuat kefir yang lebih kental, tambahkan krim.

  • Untuk diperhatikan:

           - Gunakan air suling untuk membuat kefir dengan bahan dasar air.
           - Gunakan susu kambing yang lebih mudah dicerna, terlebih jika anda mengalami intoleransi laktosa.
           - Santan kelapa yang difermentasi dengan kefir bisa menjadi bahan dasar minuman yang sehat.          
  • Gunakan santan kelapa yang paling murni yang bisa Anda temukan, tanpa bahan tambahan lainnya atau gula.
  • Masukkan 2 sendok makan biji kefir ke dalam wadah gelas. Jumlah ini cukup untuk memulai, karena akan menghasilkan rasa kefir yang lezat. Nanti setelah terbiasa anda akan mengetahui jumlah yang tepat untuk menyesuaikan dengan kebutuhan anda.
  • Tuangkan 2 1/2 cangkir susu ke dalam wadah. Wadah jangan diisi penuh karena campuran ini perlu ruang untuk bernapas selama proses fermentasi, isi hingga dua pertiga saja.
  • Tutup wadah dan simpan dalam suhu kamar. Tentukan letak penyimpanan di dalam lemari Anda untuk kefir. Jika Anda menyimpannya di dalam lemari es, proses fermentasi tidak akan berjalan.
  • Biarkan fermentasi berlangsung selama 8 jam. Karena itu apabila Kefir mau dipakai pada pagi hari, siapkan kefir sebelumnya di malam hari. Kefir akan semakin tajam dan kental apabila dibiarkan. Setelah proses fermentasi maka Kefir siap untuk digunakan. 
  • Demikian pula halnya dengan cara membuat masker Kefir, cara membuat kefir grain, cara membuat kefir kolostrum, cara membuat kefir buah. Hanya saja bahan untuk pencampurannya yang berbeda.

Manfaat dari cara membuat Kefir sebagai masker wajah

Manfaat kefir adalah sebagai berikut
(1)   Membersihkan kulit wajah dari sel-sel kulit mati
(2)   Meremajakan, menghaluskan dan mempercantik kulit
(3)   Melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari
(4)   Memutihkan dan melembabkan kulit secara alami
(5)    Menghaluskan kulit, lembut dan bercahaya
(6)   Mencegah keriput dan penuaan dini
(7)   Menutrisi kulit
(8)   Membantu memulihkan sel-sel kulit rusak

Cara penggunaan Masker Kefir cukup mudah.
Wajah dibersihkan dengan menggunakan sabun wajah kemudian keringkan. Kemudian oleskan tipis Masker Kefir dan jangan berlebihan pada bagian wajah yang akan dirawat. Setelah disapukan ke wajah dengan memakai kuas atau dioleskan dengan tangan yang bersih, diamkan 20-30 menit, kemudian setelah itu basuh dengan air dingin hingga bersih.

100% bahan alami tanpa tambahan bahan kimia /tepung beras.
Berat 10-15 gram.

Catatan: Harap gunakan ekspedisi JNE YES untuk luar kota supaya barang diterima dalam keadaan fresh. Untuk pengiriman daerah Jakarta Rp.20.000,-. Untuk pengiriman daerah Tangerang dan sekitarnya Rp.25.000,-. Pengiriman dari kami menggunakan Ice Gel (gel pendingin) agar kualitas masker tetap fresh dan terjaga.

Harga Masker Kefir: Rp 6.000,- /pcs.
Tersedia juga: Kuas Wajah, Murah tapi gak Murahan yaa.. Harga Rp.8.000,-


Hubungi Customer Service "Gracia Store":
SMS/WA: 087878980323
email: iwankres67@gmail.com
Norek. BCA/Mandiri/BRI

Demikian pembahasan mengenai Cara membuat Kefir .

Cara Membuat Kefir


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}